Inovasi dan Kreasi

Saya teringat ketika saya masih duduk d kelas 2 SMA pernah dikirim sebagai utusan dari sekolah saya untuk menghadiri pelatihan kewirausahaan bagi siswa/i madrasah aliyah dan pesantren se-provinsi Banten yang diselenggarakan oleh depag prov.Banten yang bertempat di hotel Nuansa Bali, Anyer, Cilegon selama 5 hari lamanya.

Dari pelatihan tersebut saya mendapatkan banyak ilmu tentang kewirausahaan.dari macam usahanya sampai cara dan taktik berwirausaha yang baik dan benar pun diajarkan dan jelas dengan praktek latihannya plus juga outbond.

Singkat cerita, diantara taktik atau strategi berwirausaha adalah inovasi dan kreasi. Jadi, seorang wirausahawan itu harus berjiwa inovatif dan kreatif.
Saya ingin sedikit memberi contoh tentang inovasi dan kreasi dari sesuatu yang telah saya lihat. Ketika saya dalam prjalanan dari rumah ke kampus, saya menggunakan jasa kereta api. Di kereta saya melihat bapak-bapak pedagang minuman ada air mineral,minuman berenergi dan juga softdarink. Saya melihat sesuatu yang beda dari bapak-bapak ini. Ketika para pedagang yang lain menawarkan barang dagangannya dengan cara yang sama,datar dan biasa-biasa saja. Dia malah berbeda. dengan suara yang tak terkesan capek,sambil tersenyum dia menawarkan barang dagangannya dengan suaranya yang khas dia mengucapkan kalimat-kalimat "fanta,spriit,kooka koolaa..mijon juga ada..sama pokari..akuaa..asli looh"lalu berkata lagi agak dinyanyikan seperti yang di iklan"akua,akua". Ketika mendengar itu saya pun tak kuasa menahan tawa.bapak itu mengulangi kalimat yang sama persis seperti tadi terus menerus dengan nada yang sama persis pula. Para penumpang pun sepertinya tak ada yang tidak menoleh ke bapak-bapak tadi dan akhirnya banyak pula yang membeli dan sepertinya lebih banyak daripada pedagang-pedagang yang lainnya. Dan saya berfikir mungkin inilah yang disebut dengan inovasi dan kreasi. Si bapak penjual minuman tadi mencoba berbeda dengan pedagang minuman yang lainnya dengan caranya yang baru hasil dari kreasi si bapak tersebut. Maka si bapak pedagang minuman tersebut termasuk dalam kategori orang yang inovatif dan kreatif.
Ini hanyalah contoh kecil.

Semoga bisa menjadi inspirasi..

Di kosan kakakku,Ciputat,Tangerang Selatan

Postingan populer dari blog ini

Contoh Job Interview Berbahasa Inggris dan Tips Cara Menjawabnya

Bagaimana bisa bekerja di Kedutaan Besar RI di Luar Negeri?

Nilai Anak Anda Merah, Kenapa Harus Marah?